‘Sedekah Mainstream’ Selama Ramadan, Kenapa Tidak?

blog.vancity.com

Apa sedekah yang paling mainstream selama Ramadan? Sedekah paket berbuka puasa. Anyway, mainstream bukan berarti jelek loh ya. Justru jika kita tidak pernah ikut serta dalam sedekah mainstream tersebut, rugi banget rasanya. Ya gimana nggak. Allah memberikan kita peluang amalan yang begitu besar, pahalanya berlipat-lipatnya, jalannya terbuka lebar, tapi malah disia-siain. Ya rugi dong.

“Tapi aku bingung caranya gimana?”

Lah, kok gerakan sedekah mainstream ini aja bikin bingung? Nih, ada beberapa cara yang bisa kamu cobain.

  • Masukin uang ke kotak infak sedekah masjid
  • Diam-diam letakin kurma, minuman, atau takjil lain di masjid atau ruang publik
  • Ikut serta dalam gerakan buka on the road
  • Transfer via rekening
  • Dan banyak cara lain yang bisa kamu manfaatkan.

Rugi banget deh rasanya jika kesempatan emas ini diabaikan begitu saja. Bahkan kalau pengen lebih greget nih, tantang diri deh, 30 Days Giving Challenge. Selama 30 hari di Ramadan kamu memberikan takjil atau paket buka puasa untuk orang lain. Targetnya siapa, terserah kamu. Yang pasti, mereka yang berbuasa dong. Untung berlipat tuh. Pahala puasa diri sendiri dapat, pahala mereka yang berpuasa juga didapatkan tanpa sedikitpun mengurangi pahala mereka.

مَنْ فَطَّرَ صَائِمًا كَانَ لَهُ مِثْلُ أَجْرِهِ غَيْرَ أَنَّهُ لاَ يَنْقُصُ مِنْ أَجْرِ الصَّائِمِ شَيْئًا

Siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga.” (HR. Tirmidzi)
Anyway, ada cara lain yang nggak kalah menarik. Cara ini alurnya lebih panjang dan insya Allah berkahnya juga mengalir panjang. Apa itu?

Wakaf for Ifthor namanya. Program yang diinisiasi oleh iwakaf ini memberikan kesempatan bagi kita untuk berdonasi secara produktif. Maksudnya?

Yap, wakaf adalah donasi produktif. Wakaf for Ifthor kongkritnya adalah wakaf berupa ladang garam yang dikelola secara produktif dan hasilnya akan didistribusikan dalam program ifthor (buka puasa) setiap bulan Ramadan.

Nah, keren banget nih. Dengan donasi Rp 150.000/bagian kamu sudah bisa ikut serta dalam wakaf produktif ini. Jadi bukan hanya donasi sekali makan, tapi donasi yang akan terus mengalir selama program ini berjalan. Amal jariah, insya Allah.

Silakan sampaikan donasi terbaikmu ke :

BNI Syariah 121 333 7775

CIMB Niaga Syariah 8600 0487 4600

a.n Yayasan Inisiatif Wakaf

Selengkapnya kamu bisa kunjungi www.iwakaf.or.id

Siapapun Bisa Berwakaf!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *