7 Alasan Kenapa Penulis Harus Ikutan Go-Blog

www.pedalcoop.org

Siapapun di dunia saat ini tak terlepas dengan yang namanya internet. Salah satu wadah yang paling sering digunakan adalah social media. Tujuannya sederhana, agar bisa terkoneksi dan berbagi satu sama lain.

Tapi tunggu dulu, ada wadah lain yang fungsinya hampir sama dengan social media, sama sama untuk berbagi.  Bahkan fiturnya lebih lengkap. Blog. Lalu pertanyaannya sederhana, kenapa penulis harus ikutan Go-Blog? Bahkan bukan hanya penulis. Siapapun seharusnya juga harus ikutan Go-Blog. Kenapa?

  1. Wadah Menuangkan Pemikiran

Sekarang in manusia hidup di 2 dunia. Dunia nyata dan dunia maya. Maka sebaiknya jadilah manusia yang bermanfaat di 2 dunia tadi. Jadi manusia yang sama-sama baik di 2 dunia. Bukan hanya sibuk pencitraan di dunia maya. Hmm.

Menulis online dengan wadah blog menjadi salah satu jalannya. Menjadi wadah untuk  berkarya dan menuangkan pemikiran. Pasti ada banyak hal yang seringkali kamu pendam kan? Nah itu makanya tuangkan di dunia maya melalui perantara blog. Percayalah, pasti ada banyak hal yang bisa kamu tuangkan.

  1. Agar Orang Lain Belajar Memahami Kamu

Ingin dipahami tapi selalu mendiamkan diri? Duh gimana sih?

Memang tak semua hal harus dituangkan dalam blog. Apalagi di social media. Sama halnya seperti meme ini :

“Kamu tuliskan semua dramamu di social media. Kemudian kamu marah ketika di-jugde oleh aib yang kamu tulis. Kamu ini bego atau tolol?”

Tuliskanlah apa yang kamu rasakan dan pikirkan dengan cara yang baik. Agar orang lain pun belajar untuk memahami kamu. Ya mungkin kamu menebar berbagai kode. Tapi ingat, tidak semua orang paham dengan kode.

  1. Mulai dari Kritik, Lalu Sertai dengan Solusi

Nah ini nih. Yang suka kritik coba deh belajar keluarkan uneg-uneg dalam pikiran menjadi tulisan. Tapi jangan berhenti sampai disitu. Perlahan coba olah kritik yang disertai dengan solusi. Kan tidak lucu kalau hanya bisa menyalahkan tanpa ada penyelesaian. Sama aja kayak turun ke jalan toh belum tentu didengarkan. Apalagi kalau turun ke jalan karena “dibayar”. Turunlah ke jalan karena idealisme dan kebaikan. Gitu.

Start from complain and create something. Kritik itu penting, tapi inisiatif mencari solusi jauh lebih penting. Karena Indonesia ini butuh lebih banyak pemuda dengan solusi, bukan hanya caci maki. Itu katanya Ridwan Kamil.

  1. Semoga Bisa Menginspirasi

Semesta ini penuh akan inspirasi. Terlebih lagi manusia. Pada dasarnya setiap manusia adalah inspirator. Inspirator dengan karya, ide, tindakan, dan masih banyak hal lainnya. Tuliskanlah hal baik, niatkan dengan niat yang lurus dan semoga bisa menginspirasi.

  1. Menjadi Aktivis Kebaikan

“Aku gak aktivis loh. Untuk apa menulis di blog”

Sama. Saya juga bukan aktivis. Walaupun aktif di berbagai organisasi. Bahkan di salah satu organisasi tingkat kampus saya adalah presidennya. Tapi masih saja saya menghindar dari kata seorang aktivis. Hanya saja asyiknya di organisasi, saya bisa menuangkan passion dalam tulisan yang bernama CATOR. Hingga kini sudah ada 17 tulisan. Coba deh baca di sini.

Tapi setelah saya renungkan kembali, saya adalah aktivis. Kamu juga aktivis. Lah kok bisa? Ya, karena setiap orang adalah aktivis kebaikan. Kita butuh lebih banyak orang baik yang aktif. Bukan hanya orang diam yang dibelakang layar. Karena jika hanya jadi baik lalu diam, kita akan dikalahkan oleh orang orang tidak baik yang pintar mengelola media. Cukup sulit memang. Tapi jangan menyerah, sesungguhnya Allah bersama kita.

Baca Juga :
Untukmu Para Aktivis, Inilah 16 Tips yang Membantumu untuk Menulis

  1. Bisa Jadi Draft Buku

Seriusan nih. Banyak tulisan yang ada di blog bisa dikembangkan. Bahkan ada banyak penulis yang bermula dari blog. Raditya Dika contohnya. Karena konsistensinya dalam berkarya dan bercerita dari 10 tahunan lalu, lihatlah kini dia begitu populer.

Baca Juga :
Kamu Juga Bisa Kaya dan Terkenal Seperti dari Social Media Seperti 7 Orang Ini

Bukan hanya itu. Kumpulan tulisan di blog bisa jadi draft buku. Contohnya saja mentor saya Arry Rahmawan. Karena seringkali menulis tentang entrepreneurship, dia digaet oleh penerbit untuk menulis buku Studentpreneur Guidebook. Nah sekarang giliran kita. Ayo rajin menulis dan Go-Blog!

  1. Meluaskan Pengaruh Kebaikan

Menulis di blog juga termasuk langkah sederhana untuk memberikan pengaruh. Dengan aktif menulis di blog, kamu akan memiliki banyak follower. Dan hal yang lebih pasti adalah lebih banyak silent reader dan ehm, secret admirer. Dia tidak memberikan komentar ataupun like. Tapi perlahan terpengaruh akan tulisan dan menjadi jauh lebih baik. Jadi teruslah menulis hal yang baik.

***

Nah itulah tadi 7 alasan kenapa kamu juga harus Go-Blog, bukan harus jadi goblog. Beda nih. Hehe. Jadi tunggu apalagi. Jangan banyak alasan deh. Mulai aja dulu. Nanti akan keasyikan sendiri.

Sebelum ditutup ada tulisan menarik dari role model saya yang lain, Dedy Dahlan tentang Kenapa Karyawan dan Siapapun Perlu Ngeblog!

Oke gitu aja. Sekian dari saya. Ohya, kamu punya blog? Tuliskan di kolom komentar ya. Nanti kita bisa saling blogwalking. 😀

Keep writing, always inspiring!

 

Rezky Firmansyah
Passion Writer
Founder Passion Writing Academy

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *