Bingung Mau Menulis Apa? Gunakan Metode Menulis Inspirasi 3 Waktu

metode-menulis-inspirasi-3-waktu

Hari ini adalah hari ke-16 30 Days Writing Challenge berjalan. Hal yang sangat wajar jika udah ada yang bingung mau menulis apa. Atau bahkan kamu yang mau mulai menulis setelah terkubur dalam mood yang membunuh perlahan. Menulis kok karena mood. Mau jadi hamba mood? Cukuplah jadi hamba Allah saja. :)

Sebagai Passion Writer, saya selalu memunculkan ide dan konsep baru dalam menulis. Salah satunya adalah metode menulis Inspirasi 3 Waktu. Inspirasi 3 Waktu ini dibagi menjadi masa lalu, masa depan, dan masa sekarang. Dan setiap waktu ini memiliki metode masing-masing.

  1. Masa Lalu

Menggali inspirasi masa lalu bisa dengan menggunakan refleksi dan evaluasi. Renungkan lagi apa yang terjadi di masa lalu. Pelajaran apa yang bisa diambil.

Nah yang perlu diingat saat kembali ke masa lalu adalah, gunakan masa lalu sebagai sarana, bukan tujuan. Gunakan masa lalu sebagai kekuatan, bukan beban. Jadi mikirnya apa sih pelajaran yang bisa didapatkan. Kata guru saya banyak mikir yang bisa jadi zikir. Dengan masa lalu kita bisa makin baik. Dengan masa lalu, kita bisa makin dekat dengan Sang Pencipta. Maknai masa lalu dengan bijak.

Hal ini sudah berhasil saya buktikan. Contohnya saja buku Jomblo, Mantan, dan Masa Depan. Tema buku ini diambil dari refleksi masa lalu. Tentang pengalaman dengan mantan. Saya menggali inspirasi lalu mencari makna dan pelajaran apa yang bisa didapatkan. Akhirnya jadi deh buku ini. Premisnya adalah:

“Tutorial self improvement bagi para jomblo atau yang ngakunya single untuk memaknai mantan agar bisa menata masa depan lebih baik.”

Nah bagi kamu yang penasaran, pre order, atau mau jadi reseller langsung kontak 085363949899 via whatsapp ya. Nanti kita buat grup “Barisan Penyelamat Mantan”. Hihi. Btw bukunya insya Allah terbit Januari 2017. Mohon doanya ya.

Baca Juga :
Jangan Dendam, Jadilah Jalan Kebaikan Bagi Mantan
Gimana Kalau Jomblo Mulia Ingat dengan Mantan

Nah kembali lagi, coba deh gunakan metode ini. Kembali lagi ke masa lalu. Lakukan refleksi di masa lalu. Hal paling sederhana, coba saja refleksi akhir tahun. Mimpi apa yang bisa diraih tahun ini. Itu contoh.

  1. Masa Sekarang

Salah satu metode masa sekarang adalah diskusi. Dan hal ini sudah Fighter 30DWC lakukan di Day 10. Bagi yang sudah melakukan metode diskusi dan cerdas memaknainya, kamu pasti akan mendapatkan banyak pelajaran. Memecahkan kebuntuan tulisan. Tapi bagi kamu yang terpaksa, ya bisa jadi nggak dapat apa-apa.

Tapi tak masalah. Terlambat lebih baik daripada tidak sama sekali. Sekarang jika kamu bingung, coba deh perbanyak diskusi dengan teman-teman lain. Bisa dengan teman satu jurusan, teman organisasi, atau teman masa lalu. Mantan misalkan. Eh.

Baca Juga :
Mantan Itu Bukan Dilupakan, Tapi Dilepaskan. Apa Bedanya?

  1. Masa Depan

Metode masa depan adalah melihat tentang mimpi. Kamu bisa berbicara tentang impian, visi, dan harapan apa yang ada di masa depan. Kamu pun bisa juga melakukan imajinasi-apalagi fiksi- dengan metode ini. Contoh metode masa depan dengan fiksi bisa kamu lihat dari film Alif Lam Mim. Itulah kira-kira gambaran Indonesia puluhan tahun ke depan menurut produser.

Nah kalau non fiksi gimana? Banyak. Kamu bisa menuliskan banyak hal. Misalkan rencana tahun 2017, solusi untuk Indonesia di masa depan, atau juga bisa rencana kehidupan selanjutnya. Kehidupan selanjutnya? Ehm.

Baca Juga :
5 Tips Mengatasi STUCK dalam Menulis
5 Alternatif Jawaban Jika Masih Bingung Mau Menulis Apa

Agar lebih memahami, kamu bisa maknai bagan di bawah ini.

metode-menulis-inspirasi-3-waktu
Metode Menulis Inspirasi 3 Waktu

Sudah paham? Jika sudah, tak perlu banyak tanya. Udah mulai aja menulisnya.

Keep writing, always inspiring!

Rezky Firmansyah
Passion Writer
Founder Passion Writing Academy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *