Menulis Buku Kekinian atau Buku Collectible

LinkedIn

Bagi seorang penulis, menentukan tema adalah tantangan yang lumrah terjadi. Bingung mau menulis hingga akhirnya mundur teratur. Misalkan aja ada seorang senior di SMA sekaligus tetangga :

“Ky nulis buku yok?”

“Nulis buku apa bang?”

“Nah itu abang belum tau”

“Gimana kalau buku nikah aja bang?”

Topik akhirnya melebar dan random. Tak dilanjutkan dan hanya jadi wacana. Nah agar ide menulis bukumu tak hanya sekedar wacana saja, tentukan saja mau menulis buku kekinian atau buku collectible.

Buku kekinian adalah buku yang membahas tentang isu kekinian. Apa yang lagi hits. Misalkan saja saat musim batu akik, kamu bisa menulis tentang buku akik. Atau bagi calon kepala daerah. Menjelang masa pemilihan, banyak buku yang membahas tentang sosok dirinya. Baik itu yang nyata atau pencitraan saja. Ada.

Sedangkan buku collectible adalah buku yang layak dikoleksi dan bisa menjadi referensi untuk seterusnya. Misalkan saja parenting, spiritual, atau buku akademik.

Nah 2 ide ini hanyalah gambaran sederhana ide buku jika dibedakan dari waktu. Agar kelak idemu tidak hanya berhenti menjadi ide. Tapi juga mulai bergerak untuk menjadikannya nyata .

Jadi, mau nulis buku kekinian atau collectibe? Terserah kamu.

Keep writing, always inspiring!

Rezky Firmansyah
Passion Writer
Founder Passion Writing Academy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *