Berbuat Apa Lagi Setelah Aksi Damai 4 November?

tentang-aksi-damai-4-november

Di pagi hari tanggal 4 November 2016, selepas mengaji seorang guru berpesan :

“Jangan sampai tenaga kita terfokus ke ibukota tapi kontribusi di daerah jadi terlupa.”

Pesan ini mampu menjadi penyejuk di pagi hari. Di saat ada rasa iri dan cemburu melihat saudara lainnya bergerak di ibukota, diri ini hanya mampu tertahan di daerah. Tapi sungguh Allah yang memiliki skenario terbaik nan terindah. Dengan adanya pos-pos kebaikan di setiap daerah, di saat itulah seharusnya manusia mengisinya dengan kontribusi dan amal kebaikan. Bukan malah sibuk menyalahkan.

Aksi Damai 4 November kemarin memberikan pendapat yang beragam bagi masyarakat. Ada yang mendukung, netral, bahkan menolak. Anda pasti sudah tahu saya berada di pihak mana. Dan bagi saya, tidak perlu lagi berdebat persoalan hal ini. Sia-sia rasanya jika menghabiskan waktu berada di pihak mana. Lanjutkan saja berbuat kebaikan di pos masing-masing.

Sungguh istimewa. Aksi Damai 4 November kemarin memberikan sejarah di Indonesia. Aksi Damai yang benar-benar damai. Terlepas dari campur tangan para provokator dan media yang berkepentingan. Jika Anda melihat adanya noda di Aksi Damai kemarin, teman saya punya pesan, “Anda percaya mana, media atau kami yang turun langsung ke jalan?”

Bhineka Tunggal Ika dalam kasus ini mungkin bisa terancam. Bukan lagi menjadi “walau berbeda tapi satu”. Melainkan Bhineka Tunggal Aku. Yang penting aku yang benar. Lihat saja perdebatan yang tiada henti di social media. Sudahlah, berfokus saja berbuat kebaikan di pos masing-masing.

Mungkin ini terakhir kalinya tulisan saya yang akan berfokus tentang Aksi Damai 4 November. Bukan berarti saya tidak peduli. Bukan berarti saya tidak berpendirian. Insya Allah saya akan berada di pihak yang sekarang. Terus berbuat baik dan senantiasa dalam doa terbaik. Kalau katanya salah satu kubu capres kemarin “I stand on the right side”.

Bagi Anda yang belum membaca 2 tulisan sebelumnya, silahkan baca terlebih dahulu sebagai pencerahan.

Tentang 4 November dan Seterusnya untuk Negeri Ini, Semoga Allah Meridhoi di -> bit.ly/RezkyFirmansyah4November

Mencari Keadilan dan Menggali Nasionalisme di Aksi Damai 4 November di -> bit.ly/RezkyFirmansyah4November2

Semoga kita senantiasa menjadi pejuang kebaikan untuk bangsa, agama, dan dunia.

***

Apapun jalan yang engkau putuskan

Tetaplah berada dalam jalan kebaikan

Teruslah berbuat kebaikan

 

Indonesia itu luas

Bukan hanya Jakarta

Tetap optimis

Lurus dalam niat

Optimal dalam amal

Tiada henti dalam doa

 

Indonesia butuh kamu

Indonesia butuh aku

Indonesia butuh kita

Untuk Indonesia lebih baik

Untuk Indonesia Berdaya

Rezky Firmansyah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *