11 Fenomena Menarik Wisuda Mahasiswa

11 Fenomena Menarik Wisuda Mahasiswa

Kemarin saya menghadiri wisuda teman saya di Malang. Satu-satunya perempuan Admiral di Jawa Timur dan juga yang pertama kali wisuda diantara kami semua. Ketika dulunya berkunjung ke Malang saya cukup sering meet up dan berdiskusi dengan dia. Salah satunya saya ceritakan di “Bukan Menjadi Siapa, Tapi Membawa Nilai Apa

11 Fenomena Menarik Wisuda Mahasiswa

Nah, wisuda kemarin pun memberikan inspirasi menarik bagi saya. Setelah di awal tahun ini menulis tentang 13 Fenomena Menarik Pernikahan Ala Mahasiswa, kali ini saya akan berbagi pengalaman sekaligus pengamatan diri sendiri dan orang lain tentang 11 Fenomena Menarik Wisuda Mahasiswa.

  1. Motivasi Petinggi Kampus

Dalam penyelenggaraan wisuda, pasti ada sesi dimana petinggi kampus berbicara. Baik itu yayasan, rektor, dekan, ataupun kajur. Dan dapat dipastikan lagi ketika menyampaikan pidato singkat, ada saja motivasi dan semangat yang disampaikan. Seperti :

“Saat ini kalian sudah ditunggu bagi bangsa untuk berkontribusi”

“Dengan lulusan terbaik seperti kalian ini, saya percaya kalian dapat bersaing di dunia kerja”

“Jangan cepat puas anak-anakku. Jalan kalian masih panjang. Teruslah berkarya nyata”

2. Kesempatan Bisnis, Jasa Penyewaan Pasangan Wisuda

Market sensitivity. Inilah istilah yang tepat untuk menggambarkan karakter pengusaha muda di momen ini. Di saat banyaknya wisudawan yang sendiri, kamu bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk membuka penyewaan pasangan wisuda. Buatlah dengan tarif dan pelayanan yang berbeda. Misalkan foto berdua 100 ribu, diajak jumpa orang tua 200 ribu, pamer ke mantan 300 ribu. Dan seterusnya.

3. Jadikan Sebagai Momen Istimewa

Wisuda pasti menjadi momen istimewa. Apakah sebagai perwujudan apresiasi ke orang tua. Atau momentum untuk memberikan hadiah istimewa ke doi. Ataupun juga kesempatan yang tepat untuk putuskan pacar dengan alasan “maaf setelah ini aku akan lanjut S2 jauh dari kamu. Jadi hubungan kita sampai disini aja ya”

Baca Juga : Maaf, Kamu Terlalu Baik Buat Aku

4. Gelar Baru = S.Din

Gelar di belakang nama dengan sah didapatkan dan dipanggil ke atas panggung satu persatu. S.E, S.Ikom, S.Psi, S.T dan berbagai gelar lainnya. Tapi ada saja gelar baru yang unik. S.Din misalkan. Dengan kepanjangan Siap Dinikahi. Ini nyata loh bukan ngarang. Karena memang selempang Siap Dinikahi terlihat di wisuda kemarin. Ya bagi kamu yang sudah siap menikah, ide ini bisa diaplikasikan di wisuda terdekat.

5. Terlihatnya Bibit Unggul

Wisuda juga sebagai momentum dimana bibit unggul terlihat. Terutama dengan nilai IPK nya. Dengan panggilan satu persatu nama mahasiswa disertai IPK, kamu bisa melihat siapa yang unggul. Terutama di akademik. Ingat, membangun keluarga itu bukan ketika sudah punya anak. Tetapi ketika kamu memulai memilih calon ibu bagi anak-anak. Manfaatkan kesempatan ini.

6. Kesempatan Jumpa Mertua

Di wisuda biasanya ada 2 undangan khusus untuk mahasiswa. Dan biasanya yang hadir adalah orang tua. Bagi kamu yang pacaran, beranikan diri jumpa calon mertua. Karena laki sesungguhnya itu bukan datangi anaknya, tapi datangi orang tuanya. Termasuk bagi kamu yang tidak menganut pacaran, jadikan ini sebagai pembuktian dirimu di hadapan dia dan calon mertua. Inilah sarjana menantu idaman. Gitu.

7. Bermunculan Pesaing

Bagi kamu yang menjadi pengagum rahasia, wisuda bisa menjadi ancaman tersendiri. Karena para pesaing akan mulai bermunculan dengan hadiah spesial ataupun surat dengan amplop indah yang diberikan. Nah, masih betah jadi pengagum rahasia?

8. Memperluas Jaringan

Tapi bagi kamu yang jomblo dan masih sendiri pun wisuda bisa menjadi kesempatan. Kesempatan untuk memperluas jaringan. Karena bisa jadi dia yang wisuda akan datang bersama adeknya. Ya mana tahu kan. Mana tahu tak dapat dirinya adeknya pun jadilah.

9. Tisu sebagai Modus Penyapu Air Mata

Bawalah tisu ketika wisuda. Karena ini menjadi alat yang tepat untuk modus. Dengan air mata bahagia yang nyaris merusak make up cewek, si cowok pun mulai mengeluarkan senjata sebagai penyapu air mata dengan tisunya. Bahkan kamu bisa membawa sapu tangan jika berharap untuk disimpan.

10. Munculnya Rasa yang Pernah Ada

Rasa yang dulu pernah ada pun bisa jadi muncul lagi. Entah apa penyebabnya. Apakah karena merasa diri sudah siap untuk mendatangi orang tua. Atau karena terpesona keindahan dirinya dengan kebaya.  Atau karena kesempatan untuk men”SAH”kan sebelum dia berpisah cukup lama. Ya bisa jadi.

11. Diajak ke Wisuda Belum Tentu Diajak Ke KUA

Nah ini penting banget. Jangan sampai terjebak euforia wisuda tapi yang penting seperti ini malah sirna. Ini nyata loh dan banyak kasus yang terjadi. Makanya jangan terlalu pede udah diajak ke wisuda karena belum tentu diajak ke KUA. Catat. Karena selama janur kuning belum melengkung, siapapun boleh menikung.

Baca Juga : Untukmu yang Merasa Cintanya Terkhianati, 5 Tips Berikut Bisa Menjadi Pengobat Hati

Itu tadi 11 fenomena menarik di wisuda mahasiswa. Ada yang mau ditambahkan? Silahkan berikan jawabanmu di kolom komentar ya 😀

Keep writing, always inspiring!

Rezky Firmansyah
Passion Writer
Founder Passion Writing Academy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *