Optimalkan Kekuatan dan Kebaikan Liburan dalam Kebersamaan

random-acts-of-kindness

Lebaran liburan kali ini begitu berkesan. Bukan karena bisa ke rumah mantan dengan modus kunjungan lebaran. Tapi karena banyaknya kegiatan bermanfaat yang terlaksanakan. Bahkan ada project yang semoga bisa berkelanjutan.

Bermula dari buka bersama Pransiska SMAN Plus Riau (Persatuan Siswa Kampar). Saat itu kami membuka sesi diskusi, apa nih kegiatan bermanfaat yang bisa dilakukan sesama siswa Kampar. Ditambah lagi dengan kondisi lebaran, banyak siswa dan alumni yang bisa berkumpul. Tapi sayang, rencana hanya menjadi rencana. Saat itu ada niat berkumpul dengan konsep halal bi halal sembari berbagi inspirasi. Tapi yah itulah. Hanya rencana.

Tapi yang harus kita yakini adalah jangan pernah berputus asa. Jangan pernah diam saja mengikuti arus. Jadilah penggerak walaupun awalnya dirasa tak mudah.

Memang bagi sebagian orang bisa saja memberikan banyak alasan dengan berbagai kesibukan. Seperti halnya saya dan teman lainnya yang sebelum Ramahdan hingga lebaran menjadi panitia Family Gathering Day 2016 di SMAN Plus Riau. Dengan jumlah panitia yang minim, kami jadi kelabakan. Tapi semua itu sudah berakhir. Alhamdulillah berjalan lancar dan banyak pelajaran, kenalan, dan inspirasi baru yang didapatkan.

Selepas acara ini, hampir tak ada lagi kesibukan. Tapi selang berapa lama, ada ide yang muncul dari alumni lainnya. Bang Fitra Lestari dari generasi 3 mengajak berbagi inspirasi di SMAN 2 Kuok. Okesip, langsung eksekusi.

Dalam 2 hari, kami melakukan 2 kegiatan yang berbeda. Di hari pertama lebih berfokus kepada berbagi inspirasi dan motivasi untuk siswa dan guru. Ditambah lagi dengan bercerita tentang track record alumni dari berbagai generasi yang sudah melanglang buana ke luar negeri. Di hari kedua dengan project yang berbeda. Kelas Inspirasi Menulis SMAN 2 Kuok yang insya Allah bisa menjadi buku kolaborasi sekolah pertama di Kabupaten Kampar. Yang semoga juga bisa diduplikasi di seluruh Indonesia dan belahan dunia. Alhamdulillah, program studentwriting dari Passion Writing Academy mulai berjalan. Tak hanya sampai disini. Malam terakhir sebelum saya kembali ke Surabaya, Kepala SMAN 2 Kuok memberikan respon yang sangat positif akan berbagai program lain. Berhubung Bang Fitra adalah seorang dosen, workshop menulis penelitian ilmiah bagi guru pun terpikirkan. Titik terang untuk program menulis lainnya, teacherwriting

Baca Juga : 8 Ide Alumni yang Layak Diduplikasi Siapapun

“Berjalanlah walau perlahan. Karena perlahan semangat itu akan terkumpulkan.”

Benar saja, saya jadi makin semangat. Mari kita hidupkan harapan. Mari kita optimalkan kekuatan dalam kebersamaan. Paling tidak setiap liburan setiap dari kita pasti bisa bisa berkumpul. Apalagi liburan lebaran. Jangan hanya kegiatan buka bersama terus-teruskan. Lakukan inovasi yang bisa menjadi jalan kebaikan bersama. Lalu kedepannya idenya bisa diduplikasi oleh orang lain. Karena seringkali kita tidak tahu harus berbuat apa. Maka duplikasi ide bisa menjadi solusi. Semoga jadi amal jariah. Ohya, kalau kamu ada ide, silahkan tulis di kolom komentar ya.

Kegiatan sosial seperti kembali untuk mengabdi ini sangat penting dan menarik dilakukan. Terkhusus bagi siapapun yang sudah melampaui pendidikan tinggi. Bukankah pada dasarnya pendidikan tinggi berarti kembali mengabdi?

Mengabdi dan menumbuhkan harapan. Terlebih harapan anak daerah, sangat penting untuk dinyalakan. Karena seringkali kita melihat latar belakang seseorang menjadi alasan dan hambatan untuk meraih sesuatu. Padahal semangat dari mereka tak boleh dipandang remeh.

Baca Juga : Kamu Masih Menganggap Menulis Tidak Bisa Merubah Keadaan? Baca Review Film Freedom Writer Ini

Tapi percayalah, dimanapun kita berada sekarang masa depan selalu terbuka untuk siapapun yang bergerak. Bagi siapapun yang percaya akan mimpi-mimpinya. Sekarang pilihan kita. Bagaimana cara kita untuk menjadi jalan kebaikan bagi banyak orang. Menumbuhkan harapan anak bangsa. Baik di kota ataupun daerah. Mari bersama kita menghidupkan harapan.

Sekarang coba pikirkan. Apa kegiatan di liburan mendatang yang bisa dilakukan untuk berbagi kebaikan?

“Karena aku butuh kamu untuk menjadi kita. Kita yang saling peduli dan tumbuh bersama untuk Indonesia lebih baik”

 

Keep writing, always inspiring!

 

Rezky Firmansyah
Passion Writer
Founder Passion Writing Academy

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *