5 Tips Sederhana Menggali Inspirasi Menulis (Edisi Vlog)

5 Tips Sederhana Menggali Inspirasi Menulis

Halo Passion Writer!

Setelah cukup lama vakum di vlog tips Passion Writing Youtube, akhirnya saya kembali lagi dengan suasana yang sedikit berbeda. Di vlog ketiga ini saya membawa tema 5 tips sederhana menggali inspirasi menulis. Silahkan simak edisi videonya atau baca dan praktekkan tips berikut.

  1. Catat Ide di Gagdetmu

Inspirasi dan ide datang seringkali tak disangka-sangka. Datang tak diundang seperti halnya kenangan. Bisa jadi kita tidak mengingingkan, tapi tetap saja datang. Tapi tak masalah, jadikanlah itu sebagai kesempatan. Catat ide dan inspirasi yang muncul di gadgetmu. Percayalah ini sangat bermanfaat. Karena ketika kamu menunda atau mengabaikannya, seringkali ide ini akan hilang dan lupa. Yang rugi siapa?

  1. Manfaatkan Social Media

Manfaatkan social media dengan kreatif. Bukan untuk posting status galau, foto tak penting ataupun sok update dengan check ini dimana-mana. Sekarang tanyakan pada diri sendiri, apakah hal semacam itu memberikan makna?

Banyak sekali cara kreatif memanfaatkan social media. Bisa dengan belajar di grup Facebook, explore apa yang hits, ataupun memaknai video di Youtube.

Belakangan di Facebook ada trend membuat content dengan gambar. Jadi dengan beberapa gambar tertentu ditambah dengan tulisan yang menjelaskan menjadikan content itu lebih enak dilihat dan dibaca banyak orang. Kamu bisa gunakan tips ini dengan memberikan usaha lebih untuk karya yang kreatif. Apa sih yang bermakna untuk disampaikan ke pembaca. Buat dengan tulisan dan juga tambah dengan visual.

Baca Juga : 10 Media Paling disarankan untuk Latihan Menulis

  1. Maknai Tontonan

Apa yang biasa kamu lakukan setelah menonton? Atau apa yang kamu rasakan deh. Terpengaruh, ikutan galau, terinspirasi atau ada efek lainnya?

Miliki kebiasaan untuk memaknai tontonan. Apa sih yang kamu dapatkan dari sebuah film. Ambil saja beberapa kalimat penting dan itu bermakna untuk dibagikan kembali.

Misalkan saja ketika saya menonton Koala Kumal. Film karya Raditya Dika dengan genre komedi patah hati ini memberikan banyak pandangan baru bagi saya. Seperti :

“Wajar jika kamu patah hati, tapi jangan sampai menutup hati untuk orang lainnya”

  1. Baca Buku atau Blog

Writer is reader. Penulis adalah pembaca. Sudah sebuah kewajiban kalau ingin menjadi penulis maka harus rajin membaca. Membaca apapun. Apakah itu buku, artikel, blog, jurnal, termasuk membaca kehidupan.

Miliki kebiasaan membaca walaupun awalnya dirasa sulit. Mulailah dengan membaca 1 halaman per hari, 10 halaman per hari, 1 bab per hari atau bahkan 1 buku per hari. Pokoknya miliki kebiasaan membaca. Karena dengan membaca, berarti kita mengisi pikiran untuk dikeluarkan kembali. Bayangkan saja jika pikiran tidak diisi. Mau keluarkan apa? Masa mengeluarkan sampah. Tak penting.

Baca Juga : 12 Inspirasi dari Gerakan ITS Menulis

  1. Mulailah dengan Freewriting

Ini adalah tips penting bagi setiap penulis. Setelah mendapatkan inspirasi, tulislah sebebas mungkin di catatan ataupun laptop. Tak perlu banyak pikir. Tuliskan saja dengan bebas, freewriting. Percayalah, kebiasaan ini akan sangat berpengaruh terhadap tulisan kamu kedepannya. Karena dengan terbiasa mengeluarkan kata-kata, maka akan terbiasa pula menulis. Lakukan saja tanpa banyak pikir. Setelah kamu selesai, barulah dirapikan, diedit untuk diposting agar dibaca oleh orang lan.

Nah itu tadi 5 tips sederhana menggali inspirasi menulis. Kamu bisa mendapatkan banyak inspirasi lainnya di blog rezkyfirmansyah.com kategori Passion Writing atau juga bisa bergabung ke Klub Belajar Penulis Inspiratif di Facebook (bit.ly/JoinKBPI).

Untuk edisi video 5 Tips Sederhana Menggali Inspirasi Menulis, kamu bisa tonton disini 

 

Keep writing, always inspiring!

Rezky Firmansyah
Passion Writer
Founder Passion Writing Academy

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *