Memulai Skripsi dengan IDEAlisme Mencari Solusi

Skripsi Passionpreneurship

Hari ini saya teringat dengan IDEAlisme yang ditulis beberapa bulan yang lalu. Berbicara mengenai skripsi berarti berbicara mengenai solusi. Begitulah yang saya coba lakukan di semester ini. Walaupun memang banyak “senior” berpengalaman tidak sepenuhnya menyetujui IDEAlisme ini.

Kali ini saya memulai perjalanan skripsi secara tertulis. Coba tebak semester berapa saya sekarang? 8? Salah. Saya baru semester 6. Dan seperti kampus lainnya, ada namanya mata kuliah proposal. Dan di kampus saya bernama Research Metodology.

Kembali lagi ke IDEAlisme. Sebelum tulisan ini diposting, saya sudah menulis di bit.ly/skripsisolusi dan bit.ly/skripsisolusi 2 sebagai pengantar pemikiran ini. Untuk memulai secara tertulis, saya mengambil tema “Passionpreneuership, Konsep Entrepreneuership Mengubah Passion Menjadi Bisnis yang Bermakna, Bertumbuh, dan Bermakna”.

Singkat saja, ada 2 mentor inspirasi saya di tema skripsi ini. Pertama Dedy Dahlan di bidang Passionpreneurship yang insya Allah kami akan bertemu di Creatrip 12-13 Maret Bandung. Kedua, Arry Rahmawan dengan filosofi CerdasMulia yang berarti : Bermakna, Bertumbuh, dan Berdampak.

Saya percaya bahwa mengubah pemikiran orang lain itu sulit. Memberikan perubahan itu tidak mudah. Apalagi berbicara skripsi yang pasti saja ada bisikan

“Yang penting lulus”

“Nggak usah sok idealis”

“Ketemu sama dosen killer baru deh ngerasain”

Saya percaya bahwa itu tidak mudah. Tapi saya lebih percaya bahwa membawa perubahan itu sangat bisa. Sangat bisa. Bermula dari diri sendiri. Konsisten melakukannya maka akan ada suatu waktu perubahan itu terduplikasi ke orang lain. Begitu pula dengan skripsi ini. Bismillah. Saya mohon doanya agar dilancarkan. Skripsi yang menjadi solusi. Bermakna, bertumbuh, dan berdampak. Dan doa saya untuk siapapun, semoga kita semua mampu menjadi manusia yang memberi solusi, bukan hanya mencaci maki.

Untuk kali ini, saya menemukan ide menarik. Perkembangan dan perjalanan skripsi akan saya tulis dengan kategori tag khusus #DiarySkripsi. Harapannya semoga ide ini terduplikasi, menginspirasi dan lebih banyak solusi untuk Indonesia lebih baik.

Keep writing, always inspiring!

 

Rezky Firmansyah
Penulis Buku Tersebar di 5 Benua
Founder Passion Writing Academy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *