5 Step Stand Up Comedy dari Raditya Dika yang Bisa Membuat Tulisanmu Lebih Hidup dan Menarik untuk Dibaca

5 Step Stand Up Comedy dari Raditya Dika

Selalu ada inspirasi asalkan peka dan terus mencari. Hal ini selalu menjadi kunci saya menulis hingga kini. Dan hari ini saya mendapatkan insight dan inspirasi dari Raditya Dika, sang penikmati komedi.

Jadi ceritanya, tadi sore saya nonton video Youtube terbaru Raditya Dika tentang tutorial menulis script stand up comedy. Saya analisa dan amati ada 5 step penting dan bisa diterapkan agar tulisan lebih hidup dan menarik untuk dibaca. Cekidot!

  1. Mulailah dari Kegelisahan

Hal yang selalu menarik dari karya Raditya Dika adalah dia selalu memulai suatu hal dengan kegelisahan. Hebatnya kegelisahan itu mampu menjadi suatu karya yang bermakna. Kamu bingung mau nulis apa? Coba cari kegelisahmu ada dimana. Misalkan kegelisahan akan status sebagai jomblo, tugas akhir, ataupun mama minta cucu.

Contoh kegelisahan : status jomblo

  1. Temukan Premis

Premis berarti perasaan negatif akan suatu hal. Jadi jika kegelisahan adalah sebuah bab, maka premis adalah sub bab. Sub bab yang memberikan perasaan negatif untuk dipecahkan. Hal sederhana yang layak ditertawakan.

Contoh premis : selalu ditanya kapan nikah

  1. Buat Mind Mapping

Nah dari premis tadi, kumpulkan kata kunci yang bisa dijadikan materi untuk dikembangkan. Buat mind mapping dan tuangkan apa yang ada dipikiran. Apa yang dirasa sesuai dengan premis, maka tuangkan menjadi anak dari mind mapping tadi.

Anak mind mapping kapan nikah : mama udah minta cucu, nasib anak sulung, mantan udah nikah, nunggu sarjana, berpenghasilan tetap, mandiri dan matang.

  1. Susun setup

Setup adalah hal-hal yang dianggap wajar. Bisa berupa data, fakta, pengalaman yang orang lain juga merasakan dan itu wajar.

Contoh : lulus kuliah, udah berpenghasilan mandiri

  1. Tentukan punchline yang menarik

Diakhirnya tutuplah dengan punchline. Punchline bermakna hal yang seharusnya lucu. Jika setup adalah jalan lurus, maka punchline adalah belokan tajam. Ada perpindahan dari situasi biasa menjadi tidak biasa.

Contoh : Menunggu kamu membuka hati untukku

Nah sekarang, mari kita susun pecahan-pecahan diatas menjadi suatu tulisan singkat yang utuh.

***

Di usia 20an, ada banyak kegelisahan baru yang kamu rasakan. Dan mungkin aku dan kamu pun merasakan beberapa kegelisahan yang sama. Tapi bagiku ada suatu kegelisahan menarik. Apalagi terkait dengan status sekarang, Jomblo. Ya aku memang sengaja tidak pacaran karena alasan. Tapi malah uniknya pertanyaan “kapan nikah?” seringkali ditanyakan oleh orang-orang kebanyakan.

Sebenarnya sih gak risih mendengar pertanyaan itu berulang-ulang. Walaupun mama udah minta cucu. Tapi tetap bawa santai aja. Bahkan jika suatu saat ada cewek asik yang iseng nanya kapan nikah, mungkin aku akan menjawab :

“Yang pastinya nunggu aku lulus kuliah. Terus udah punya penghasilan tetap. Tapi ada yang lebih penting”

“Apa tuh?”

“Ketika kamu udah membuka hati untukku” Uwowwww!!!

***

Nah itu tadi contoh singkat script dari stand up comedy. Ada kegelisahan, ada premis, susun mindmapping, tentukan setup dan pilih punchline yang kuat. Kamu bisa lihat kan mana yang setup dan punchline dari script diatas?

Yap itu hanyalah contoh singkat dan masih terlalu dini untuk dijadikan komedi. Untuk lebih mempelejari konsep menarik ini, silahkan nonton video terbaru Raditya Dika berikut  . Teruslah kembangkan kreativitas dari manapun. Cari inspirasi dan jadikan tulisan sebagai solusi.

*NB : #30DWC jilid 2 akan saya mulai tanggal 15 Februari. Segera amankan namamu di grup online whatsapp dengan format Nama – Domisili – Aktivitas – Alasan ikut #30DWC lalu kirim ke whatsapp 085363949899

 

Keep writing, always inspiring!

 

Rezky Firmansyah
Penulis buku tersebar di 5 benua
Founder Passion Writing Academy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *