8 Ide Alumni yang Layak Diduplikasi oleh Siapapun

8 ide alumni

Tepat hari ini 23 Januari 2016, alumni SMAN Plus Propinsi Riau mengadakan event tahunan, IKA Plus Goes to School. Seingat saya, event ini diadakan sejak 2012. Saat itu saya masih SMA kelas 12. Event ini menghadirkan alumni dengan latar belakang profesi untuk memberikan inspirasi bagi siswa-siswi.

Harus diakui setiap kita sekarang adalah alumni. Apakah alumni sekolah, universitas, komunitas, organisasi, konferensi dan lain sebagainya. Bahkan bisa jadi kita adalah alumni hati. Ya alumni hati. Karena mantan adalah alumni hati. Bisa jadi reuni kembali. Ehem.

Kembali lagi ke alumni. Pertanyaannya apa sih yang bisa kita berikan pada institusi yang telah kita tinggalkan? Apakah hanya kenangan selama 3 tahun. Tawa, canda, kecewa, haru, sedih dan berbagai rasa lainnya. Apakah hanya sesederhana itu?

Kebetulan, tadi saya sempat stalking IG beberapa alumni. Dan ada quote yang menurut saya menarik :

“Good times become good memorize. Bad times become good lesson”

Nah ini. Pelajaran adalah hal pasti yang didapatkan oleh semua alumni. Walaupun porsi yang didapat berbeda. Bisa jadi karena kurang peka, hanya fokus pada pelajaran atau gak mau tahu sama sekali. Wajar memang. Karena ada banyak tipe siswa dan alumni kan. Ya tinggal memilih saja. Life is choice? No! Life is choice to give the best impact!

Setiap sekolah, universitas, komunitas, konferensi atau apapun namanya pasti akan memberikan kenangan yang berbeda-beda. Tapi kenangan tersebut bukanlah sesempit mengingat dan melupakan. Tapi membungkusnya sebagai “hutang”  untuk dilunasi dengan sebuah kontribusi. Kontribusinya apa? Banyak pastinya. Kali ini saya akan berbagi 8 Ide Alumni yang Bisa Diduplikasi. Dan saya membaginya menjadi ide intenal dan eksternal.

Secara internal, mengadakan Alumni Back to School.

Setiap sekolah dan universitas mempunyai sejarah masing-masing. Apa yang saya alami di SMA pasti berbeda dengan yang kamu alami di SMA. Bahkan apa yang saya rasakan dengan alumni lain rasakan di SMA yang sama juga pasti berbeda. Seperti yang saya tulis diatas, ada perbedaan cara memaknai kenangan.

Creative program alumni back to school ini layak diduplikasi ke seluruh negeri. Kenapa? Beberapa diantaranya :

  • Mengikat kembali alumni sebagai bagian dari keluarga sekolah
  • Pelunasan hutang atas apa yang telah diterima selama pendidikan
  • Saling berbagi pengalaman dan inspirasi terhadap siswa yang masih buta dengan jalan didepan
  • Berkolaborasi untuk memberikan kontribusi

Berikut beberapa ide dan konsep dari alumni back to school :

  • Talkshow Inspiratif

Beberapa alumni menjadi pembicara sesuai dengan topik yang sudah disesuaikan. Berbagi pengalaman dan memberikan inspirasi serta motivasi. Akan sangat baik jika pembicara yang hadir memiliki latar belakang yang berbeda. Karena jika latar belakangnya sama, kasihan kan siswa yang punya mimpi berbeda? Nah nanti di sesi akhir, akan ada sesi tanya jawab dari siswa ke alumni.

  • Diskusi Alumni

Ini juga sangat penting. Di sela-sela waktu yang sangat sibuk dimiliki alumni, ada baiknya alumni menyempatkan waktunya untuk diskusi alumni. Mungkin sudah kebiasaan kita jika berjumpa dengan teman lama dan alumni akan berbagi kisah lama dan nostalgia. Tapi jika hanya itu kurang produktif. Dengan diskusi alumni, ada hal bermakna yang bisa dihasilkan. Suatu kontribusi baru atau creative program yang bukan hanya bisa dilaksanakan di sekolah. Tapi juga diduplikasi di seluruh negeri. Misalkan saja Kelas Inspirasi yang diadakan oleh Indonesia Mengajar.

  • Alumni Job Fair

Mengadakan expo sederhana seperti job fair. Tapi lingkupnya bisa diperkecil. Beberapa divisi alumni dengan profesi yang berbeda membuat stand sederhana yang disana pengunjung bisa saling berdiskusi. Stand yang diadakan misalnya saja kedokteran, entrepreneurship, seni dan desain, entetainer, profesional dan lain sebagainya.

  • Guru Berbagi Inspirasi

Selain alumni yang hadir, guru pun juga sangat penting. Karena kita harus mengakui apapun yang kita raih selama ini pasti ada peran guru disana. Ya walaupun pastinya setiap guru memberikan kenangan dan pelajaran yang berbeda. Tapi bukan berarti kita harus melupakan jasa guru kan? Hati boleh aja memiliki mantan. Tapi guru? Tidak ada yang namanya mantan guru.

  • Livetweet

Ini cukup penting diadakan. Karena sudah dapat dipastikan tidak semua alumni yang bisa hadir dengan berbagai alasan dan kesibukan.  Jadi walaupun tidak hadir, tapi mereka “keep in touch” dengan event tersebut. Ya akan lebih baik mengadakan live streaming. Tapi sepertinya livetweet lebih memungkinkan.

  • #ASKABTS (AskAlumniBackToSchool)

Selain livetweet, alumni dan peserta yang tidak hadir juga bisa turut berpartisipasi di #ASKABTS. Seperti layaknya acara di tivi, pasti ada pertanyaan yang bisa ditanyakan. Nah, #ASKABTS bisa juga dilakukan.

Ide alumni selanjutnya secara eksternal, melakukan kontribusi keluar.

Sebagai alumni ada baiknya kontribusi yang kita lakukan bukan hanya bagi pihak internal, tapi juga eksternal. Caranya gimana?

  • Creative Program

Melanjutkan poin dari diskusi alumni. Diharapkan ada creative program yang bisa diduplikasi untuk menjadi inspirasi dan solusi ke seluruh negeri. Program sederhana yang bisa dilakukan mungkin temu alumni yang mengadakan bakti sosial, donor darah, ataupun reuni emas. Atau juga bisa lebih kreatif. Bagi SMAN Plus Propinsi Riau sendiri, ada program Plus Untuk Negeri. Sebuah program yang melibatkan alumni untuk turun ke desa dan berbagi. Bisa berbagi secara materi ataupun non materi.

  • Menebar Visi Institusi

Setiap institusi pasti memiliki visi. Walaupun jika disurvei akan banyak yang lupa dibandingkan dengan yang ingat. Coba ingat kembali, apa visi sekolah  dahulu? Visi universitas? Atau bahkan visi perusahaan tempat bekerja? Lupa? Wajar. Sangat wajar. Tapi perlu direnungkan, walaupun kita tidak ingat secara tekstual visi institusi, tapi secara kontekstual dan makna ada hal yang harus kita tebarkan untuk memberikan pengaruh bagi masyarakat luas. Tidak usah jauh-jauh. Ingat saja dengan Yellow Jacket, pasti semua teringat dengan Universitas Indonesia. Dan banyak orang mengakui, lulusannya berkualitas. Pertanyannya, apakah semua dari alumni yang menularkan visi dan idealisme? Belum tentu.

Nah itu tadi 8 ide alumni yang layak diduplikasi oleh siapapun. Jika kamu ada ide lain, silahkan memberikan komentar di bawah ya :)

 

Alumni berarti kembali
Kembali untuk mengabdi
Mengabdi untuk memberi
Memberikan kembali apa yang telah didapati

Siapapaun kita saat ini
Pasti alumni dari suatu institusi
Sekolah, kampus, universitas, atau komunitas
Kembalilah berinteraksi, berkolaborasi, dan menginspirasi
Karena yang dibutuhkan oleh bangsa ini adalah harapan
Dan harapan itu ada di pundak kita bersama dan generasi masa depan

 

Keep writing, always inspiring!

 

Rezky Firmansyah
Penulis Buku Tersebar di 5 Benua
Founder Passion Writing Academy

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *