7 Kegiatan Kreatif Menjalani Malam Minggu

7 kegiatan kreatif di malam minggu

Berhubung ini malam minggu pertama di tahun 2016, rugi banget jika kamu habiskan dengan hal yang biasa kamu lakukan di tahun sebelumnya. Gak ada peningkatan dan mengulangi pola yang sama.  Stalking IG mantan, jalan-jalan gak tahu tujuan, atau di merenung di pojok kamar sendirian. Oke, gak usah berlama-lama, ini 7 kegiatan kreatif yang yang bisa kamu lakukan di malam minggu :

  1. Evaluasi dan Resolusi

Berhubung ini adalah malam minggu pertama, hal ini cukup penting untuk dilakukan. Evaluasi terhadap pencapaian dan penundaan keberhasilan di 2015. Dan juga lihat kembali resolusi 2016. Apa yang perlu diperjuangkan, mana yang lebih prioritas dan bagaimana cara mencapainya. Untuk memudahkan hal tersebut, kamu bisa baca Cara Efektif Melakukan Evaluasi Akhir Tahun dan Cara Benar Membuat Resolusi Tahunan. Kamu juga bisa melakukan kegiatan yang perlahan bergerak mencapai impian besarmu. Seperti jualan, menulis, desain dan lain sebagainya.

3 pertanyaan yang akan memperjelas hidup anda : 1) Di mana Anda sekarang? 2) Ke mana Anda ingin pergi? 3) Bagaimana cara Anda ke sana? – Merry Riana

  1. Nongkrong dengan Tujuan

Tidak ada salah sebenarnya menghabiskan malam minggu dengan nongkrong bareng teman-teman. Tapi yang keliru adalah nongkrong tanpa tujuan. Jika ditanya mau kemana, jawabannya “terserah”. Dibawa ke cafe, jawabannya “kok ke cafe sih. Kamu mau aku gendut ya”. Dibawa ke mall, jawabannya “iiih aku capek tau jalan-jalan.  Kamu mau buat kaki aku pegel ya”. Dibawa ke rumah aja jawabannya “Ih kamu gak sayang ya sama aku”. Oke ini drama.

Jika kamu mengalami kasus diatas, maka kembalilah ke jalan yang benar. Tapi ada juga kasus yang serupa. Jika ditanya “mau kemana Bro”, jawabannya “kemana aja yang penting senang-senang”. Nah ini dia keliru.

Tingkatkan kualitas nongkrongmu dari cuma senang-senang ke membahas sesuatu. Apakah diskusi mengenai kampus, masa depan, atau kontribusi yang akan diberikan untuk bangsa ke depan. Karena jika kita perhatikan, peluang yang sangat besar dimiliki oleh Indonesia adalah budaya nongkrong anak muda. Nah makanya itu naik kelas. Mulai dari bahas yang gak jelas, ke bahas tujuan hidup yang lebih jelas. Saya pribadi, jika pulang ke kampung halaman, Bangkinang, suka sekali nongkrong ditemani segelas teh telur telur yang nikmat. Slurp! Ohya, bersiaga juga dengan prospek MLM di sekitar ya 😛

  1. Jangan Cuma Nonton

Saya percaya bagi kamu yang lebih suka sendiri di kamar bertanya “apa yang aku lakukan jika masih saja sendiri malam ini?” Thats good. Karena itu adalah cara indah Allah untuk mengingatkanmu untuk lebih menghabiskan waktu bersama-Nya. Berprasangka baiklah sama Allah.

Nah bagi kamu yang punya kebiasaan nonton film di kamar, ayo naik kelas. Jika biasanya hanya menghayati film sambil menangis lalu menyama-nyamakan dengan kehidupan “duh pacar dia kok baik banget gak kayak pacar aku”, maka segeralah kembali ke jalan yang benar. Bahwa yang kamu tonton adalah drama. Bukan dunia nyata. Maka janganlah buat hidupmu menjadi drama. This real life Sist!

Naik kelas dengan mengambil pelajaran apa yang bisa kamu ambil dari film tersebut. Buat review singkat lalu share. Atau ambil saja beberapa kalimat yang bermakna lalu kamu maknai dan tulis di catatan harian. Atau bisa juga screenshoot subtitle yang menurut kamu menarik lalu posting di social media. Ini adalah hal yang sering saya lakukan jika menonton film.

Fokus  pada Bakat Mereka
Fokus pada Bakat Mereka
  1. Mulai Baca Buku yang Masih Terbungkus Rapi

Dengan semangat tahun baru yang masih terasa, hal ini bisa jadi pelampiasan. Saya percaya banyak dari kita yang terjebak sebagai pengoleksi buku, bukan pembaca buku. Ayo ngaku. Saya juga sama 😀

Nah ayo naik kelas. Ambil buku yang sangat ingin kamu baca, lalu bacalah perlahan. Terlepas dari jenis buku apapun yang ingin kamu baca. Yang penting, ada maknanya dan bisa kamu terapkan dalam kehidupan. Bukan malah menambah kegalauan dan bersedih di pojokan.

Ayo bangun budaya membaca, karena dengan membaca buku yang tepat, kamu akan melihat dunia yang lebih indah.

Reading to writing, writing to inspiring! (Febby Ulvia Agustine)

  1. Diskusi Online

Nah ini cara kreatif lain untuk menghabiskan malam minggu yang produktif. Teknologi yang serba canggih membuat orang yang jauh menjadi dekat, dan semoga orang yang dekat semakin dekat. Hal ini memudahkan kita untuk berdiskusi mengenai banyak hal. Mulai dari rapat komunitas, diskusi mengenai agenda bersama, atau membangun masa depan bersama. Ehem. Hati-hati dengan modus di sekitar ya ukhti. 😀

  1. Pendekatan dengan Sang Pemilik Hati

Nah ini dia kriteria pasangan idaman. Dia tahu bahwa hati itu sudah ada yang memiliki. Maka dia optimalkan waktunya untuk pendekatan kepada Dia Yang Menciptakan, bukan dia yang diciptakan.

Kegiatan yang mendukung ini bisa jadi dengan membaca Al-Quran, mengikuti pengajian, atau bahkan “hanya” bermunajat kepada Allah. Ini menarik. Ada perbedaan tipis antara bermunajat dengan meratapi nasib akan kesendirian. Jika meratapi kesendirian kamu akan mengisinya dengan mengeluh, menangis sembari memeluk bantal guling. Sedangkan bermunajat, walaupun mungkin sama mengeluh dan menangis, tetapi servernya beda. Bukan lagi diri manusia, akan tetapi Sang Pencipta. Kurang cinta apa coba Allah kepada hamba-Nya.

  1. Berselancar dengan Blogwalking

Jika diartikan kata per kata, blog artinya blog dan walking artinya berjalan. Maka blogwalking adalah berjalan di blog. Bukan berjalan menggunakan kaki, melainkan dengan hati. Karena aktivasi hati itu akan mengupayakan sesuatu untuk masuk ke hati. Kamu bisa blogwalking di banyak blog berkualitas sesuai ketertarikanmu. Jika kamu tertarik dengan Passion-Bisnis-Karir, kamu bisa baca di salah satu blog dan penulis favorit saya dedydahlan.com. Atau destinasi wisata yang jarang tereksplorasi bisa ke marahadil.com.

Kamu juga boleh blogwalking di rezkyfirmansyah.com. Alhamdulillah, saya hingga kini saya sudah berhasil menulis 70 hari tanpa henti di blog ini. Kamu bisa mendapatkan tentang Creative Habit; Inspirasi Untuk Negeri; Love, Truth and You; Ngomongin Apa; Refleksi Diri; Tips Passion Writing; dan True Story. Doakan bisa mencapai angka 100 dan saya akan melanjutkan ke creative giving lainnya. Insya Allah.

Nah itu tadi 7 kegiatan kreatif yang bisa kamu lakukan di malam minggu pertama di 2016. Walaupun begitu, hal ini masih berlaku untuk malam minggu selanjutnya. Jika ada saran lain, tulis di kolom komentar ya.  Be creative say no to galau. Pun jika kamu galau, maka maknailah sebagai God Always Listening and Understanding 😀

 

Keep writing, always inspiring!

 

Rezky Firmansyah
Penulis Buku Tersebar di 5 Benua
Founder Passion Writing Academy

4 thoughts on “7 Kegiatan Kreatif Menjalani Malam Minggu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *