Kehabisan Inspirasi Menulis? Coba Atasi dengan Membaca dan Review

 

review

“Rez kok kamu bisa menulis di blog tanpa henti selama 48 hari”

Ohya juga. Saya baru sadar. Berkat #30DWC kebisaan saya terbangun secara otomatis. Jadi kalau gak menulis itu ada yang kurang. Terima kasih #30DWC 😀

“Ketika ada kemauan selalu ada jalan.
Ketika ada alasan maka segalanya menjadi hambatan.”

Menulis tanpa henti bukanlah tanpa hambatan. Tapi saya selalu mencari jalan. Bahkan ada kalanya kehilangan inspirasi. Lalu apa yang harus dilakukan? Berdiam diri? Jangan! Karena berdiam diri bukanlah solusi. Tapi cari inspirasi. Bergeraklah. Misalkan saja di kategori Tips Passion Writing kamu akan mendapatkan banyak sumber ide untuk menulis. Salah satunya kali ini, yaitu baca dan  review.

Review terdiri dari kata re dan view. Re artinya kembali dan view melihat. Jadi review adalah melihat kembali. Udah gak usah protes. Hehe.

Tidak ada salahnya ketika kamu harus mereview inspirasi dari buku. Bukankah buku adalah jendela dunia? Lalu kenapa jendela itu dibiarak tertutup? Buka jendela itu dengan membaca dan berbagi. Bukan hanya hati yang dibuka. Nanti jadinya dikit dikit baper :3

Saya menyarankan untuk mereview buku, bukan menyalin ulang buku tersebut. Coba deh review mana aja yang penting. Karena percaya saja, dari ratusan halaman sebuah buku, tidak semuanya yang diingat. Dan juga tidak semuanya penting. Ya kan? Udah akui saja. Nah makanya saya sarankan coba ambil inspirasi dengan review buku yang kamu baca.

Saya akan berikan sedikit contoh. Kemarin, saya baru selesai membaca buku “Bacalah!”. Ada beberapa bab disana yang intinya menceritakan tentang keutamaan membaca, kisah sejarah mahaguru peradaban, dan membangkitkan minat membaca. Ketika membaca saya mencoba untuk mengambil golden point mana yang penting menurut saya pribadi. Nah bagaimana membangkitkan semangat membaca? Ada 4 hal yang tertulis di buku tersebut :

  1. Kesadaran

Seorang yang tidak sadar tidak akan pernah tahu apa yang dilakukannya. Padahal untuk membawa perubahan dibutuhkan kesadaran. Lalu bagaimana caranya sadar? Coba deh renungkan, perubahan apa yang ingin kamu lakukan di dunia ini. Oke yang lebih sempit. Perubahan apa yang kamu inginkan dari diri ini? Lalu bagaimana caranya? Ya sadar dulu. Bangkitkan semangat membaca dengan sadar bahwa kamu harus berubah

  1. Cita-Cita

Seseorang yang tidak punya cita-cita tidak akan tahu dia mau kemana. Hidup tanpa tahu arah dan mengikuti arus saja. Untuk mencapai cita-cita tersebut, kamu harus membaca karena dengan membaca akan banyak hal yang bisa membantumu. Misalkan saja membaca biografi tokoh. Dengan membaca pengalamannya, cita-citamu akan terbantu.

  1. Ilmu Pengetahuan

Tidak perlu ragu bahwa buku adalah salah satu sumber ilmu pengetahuan. Tanpa membaca bagaimana bisa kamu mendapatkan ilmu? Hanya mendengar dosen menjelaskan di kelas? Gak cukup mas bro. Gunakan semua indera yang ada. Termasuk mata untuk membaca

  1. Tekad

Nah ini penting, tekad. Dengan tekad yang kuat maka perubahan akan terjadi. Miliki tekad yang bulat dan perjuangkan itu. Bermimpilah besar, milikilah pandangan yang jauh. Mulai dengan langkah kecil di awal yang semakin lama akan membesar dan kamu tidak sadar juga berada jauh di depan.

Di buku ini saya juga mendapatkan beberapa kebiasaan hebat dari mahaguru peradaban. Jujur saya tidak hafal namanya. Tapi saya tahu apa yang dilakukannya. Karena menghafal itu bukanlah hal terpenting. Nah jadi apa yang mereka lakukan?

  • Bergegas dalam berjalan untuk mengejar ilmu
  • Makan sedikit agar lebih banyak waktu untuk membaca
  • Bangun tengah malam untuk membaca
  • Membaca sambil jalan, bahkan
  • Meminta seseorang untuk membacakan ketika dia berada di jamban

Duh menarik banget. Ada banyak hal baru yang saya dapat dari sebuah buku. Dan itulah review yang saya lakukan ketika membaca buku “Bacalah!” Walaupun hanya beberapa paragraf, tapi itu sudah memberikan masukan baru bagi pikiran. Yang terpenting dari mereview bukanlah seberapa banyak kamu menulis ulang dan menghafalnya. Melainkan seberapa banyak yang kamu ingat, bermanfaat, dan praktekkan. Setuju ya? :)

Jadi, mau review buku apa hari ini?

 

Keep writing, always inspiring!

 

Rezky Firmansyah
Penulis buku tersebar di 5 benua
Founder Passion Writing Academy
Mau diskusi asik bahas soal Kepenulisan Passion Kepemudaan? Yuk invite 76B4BF69/085363949899 dan juga  follow @rezky_rf9

Kamu merasakan manfaat dari tulisan ini? Tulis comment dan klik tombol share di bagian kiri

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *