99% Dari Kamu Pasti Bisa Menulis 7 Tulisan Ini! (Hari ke 14 #30DWC)

bvs031606

bvs031606

Siapa bilang kamu gak bisa menulis? Lah dari kecil aja udah bisa nulis. Misalkan aja pas SD. Udah nulis :

“Ini ayah Budi”

“Budi anak Ayah”

“Siapa Ayah Budi?”

Nah jadi alasan kamu gak bisa nulis itu bohong. Masuk akal kan ya?

“Yaelah, kalo itu mah siapapun bisa. Tapi nulis tulisan yang beneran dong”

Hmmm. Gini gini. Setiap permasalahan ada jawaban. Termasuk keinginan kamu untuk menjadi penulis yang seringkali berjumpa dengan banyak hambatan. Hmm, bukan hambatan, tapi alasan. Jadi sekarang, saya akan berikan 7 jenis tulisan yang bisa mulai kamu tulis :

  1. Menulis Kalimat

Siapa yang gak bisa menulis kalimat? Ketika SD kita udah belajar menulis kalimat. Benar kan? Nah kamu bisa mulai latihan menulis 1 kalimat per hari. Ini beneran deh. Saya punya kebiasan ini dari 2009 merutinkan menulis 1 kalimat saja yang disengaja di buku khusus.

Contoh :

“Hari ini final pertandingan sepakbola melawan SMA 1 Mantan”

  1. Refleksi Harian

Nah untuk ini udah mulai naik satu tingkat. Jika sebelumnya hanya menulis 1 kalimat harian, sekarang kamu mulai menulis refleksi harian. Menuliskan apa pelajaran yang kamu dapatkan hari ini. Dan ini juga saya mulai dari 2010 hingga sekarang.

Contoh :

“Masa lalu bukanlah untuk disesalkan. Melainkan diambil pelajaran untuk digunakan di masa depan”

  1. Review Pelajaran

Biasanya setiap Senin-Jumat pasti disibukkan dengan kegiatan sekolah atau kampus. Nah coba deh latihan menulis untuk mereview pelajaran dari mata kuliah hari ini. Tidak perlu menggunakan bahasa kaku dari buku. Gunakan saja kata-kata sendiri. Sekaligus untuk latihan merangkai kata yang baik dan dimengerti pembaca.

Contoh :

Mata kuliah Business Execution. Strategi yang selaras dengan realitas lingkungan bisnis akan membuat sumber daya manusianya efektif. Namun, sumber daya manusialah yang menilai bagaimana lingkungan berubah dan menciptakan strategi berdasarkan penilaian tersebut. Artinya jika kita tidak benar dalam memproses sumber daya manusianya, kita tidak akan pernah mencapai potensi bisnis yang maksimal.

  1. Review Film

Nah ini apalagi. Kebiasaan anak muda menonton di laptop modal gratisan download di ganool atau copy file tetangga. Tapi nonton aja gak cukup. Coba deh belajar untuk mengambil apa sih makna dari film tersebut. Bahkan bisa untuk latihan review film. Beberapa paragraf cukuplah.

Contoh :

I not stupid 2. Film berkualitas tentang keluarga di Singapore. Dibesarkan di keluarga yang cerdas secara numerikal dan verbal membuat orang tuanya memahami kecerdasan dengan cara yang keliru. Kakak beradik Tom – Jerry sama sekali tidak mempunyai kecerdasan yang sama dengan kedua orang tuanya. Akan tetapi, Tom sangat ahli di dunia blogging dan Jerry yang masih sekolah dasar menjadi bintang utama dari teater. Film ini mengajarkan penonton bagaimana memaknai apa itu kecerdasan.

 

  1. Review Buku

Sering membaca buku tapi tidak mendapatkan apa-apa? Bisa jadi karena kurang pemaknaan. Nah coba deh latihan menulis review buku. Sama halnya dengan review film. Beberapa paragraf cukup.

Contoh :

Ini Cara Gue. Karya keren dari Dedy Dahlan, Passion Coach yang sering menulis di dedydahlan.com. Mengajak pembaca untuk mengenali apa passion dalam dirinya. Bahkan bukan hanya mengenal. Tapi mengoptimalkan mengubah passion menjadi mesin uang. Dengan metode yang unik, PIPO. Passion, Identify, dan PayOut. Passion menjelaskan tentang mengetahui secara detail apa passion yang dimiliki. Identify menjelaskan tentang mengetahui secara detail potensi yang dimiliki. Sedangkan PayOut menjelaskan bagaimana menyusunnya menjadi mesin uang.

  1. Pengakuan dan Doa

Pernah berdoa? Tentu saja. Tapi pernah gak menuliskan doa tersebut dalam bentuk tulisan? Kenapa tidak mencoba? Hal ini bisa menjadi media latihan. Apalagi jika kamu benar-benar mengakui dengan sepenuh hati.

Contoh :

Ya Allah. Aku sadar dan mengakui bahwa apapun yang ada di langit dan di bumi adalah milikmu. Sedangkan aku berada atas bumi dan bawah langit. Aku hanya menumpang di sini Ya Allah. Tentu sangat mudah bagimu untuk mengendalikan langit dan bumi. Apalagi hanya mengendalikan hatiku untuk cenderung kepada kebaikan. Aku sadar dan mengakui bahwa diri ini lemah. Tapi Engkau adalah Yang Maha Kuat. Aku sadar dan mengakui bahwa diri ini kecil. Tapi Engkau adalah yang Maha Besar. Aku sadar dan mengakui bahwa diri ini tidak bisa apa-apa. Tapi Engkau Yang Maha Segalanya.

  1. Impian

Setiap orang pasti punya impian. Impian itu layaknya tujuan. Yang mengarahkan diri ini mau kemana. Pernah menuliskan impian. Bagus sekali jika sudah. Jika belum? Cobalah menuliskan impianmu dan visualisasikan bagaimana caranya kamu meraih impian tersebut.

Contoh :

Menulis adalah berbicara, berkarya dan menginspirasi dunia. Aku sadar bahwa tidak semua orang mampu menulis. Tapi aku memimpikan bagaimana caranya diri ini mampu berkontribusi besar bagi dunia. Hingga kelak Allah bertanya kepadaku kebermanfaatan apa yang kuberikan kepada dunia, maka aku bisa menjawab, tidak hanya diam. Passion Writing Academy adalah sebuah impian bagaimana caranya menyusun konsep kreatif dan aplikatif dalam penulisan. Hingga kelak konsep ini mampu diterapkan oleh setiap kalangan masyarakat di Indonesia dan dunia. Mulai dari pelajar, mahasiswa, guru, pengusaha, orang tua, pengusaha, pemimpin dan profesi lainnya untuk menebarkan kepedulian dan harapan. Ini adalah tentang mimpi anak negeri. Bagaimana caranya berkontribusi dan memberikan solusi di saat carut marut terjadi di negeri ini.  

Nah itu tadi adalah 7 tulisan yang 99% pasti bisa kamu tulis, apapun latar belakangmu. Kamu hanya butuh kemauan. Jika berbicara mampu, kamu pasti mampu. Bisa menulis kalimat? Pasti. Mengambil pelajarian harian? Bisa. Mendengar pelajaran di kelas? Setiap hari. Menonton film? Setiap minggu. Baca buku? Setiap waktu kosong. Berdoa? Selalu. Bermimpi? Pasti.

Tunggu apa lagi? Pilih salah satu lalu mulailah beraksi!

“Aku udah bisa semuanya nih. Tinggal nulis buku aja. Caranya gimana?”

Nah, pengen nulis buku dan dibimbing sampai terbit? Ikut deh Bimbingan Menulis Sampai Terbit

Keep writing, always inspiring!

Rezky Firmansyah
Founder Passion Writing
Penulis buku tersebar di 5 benua

Mau diskusi asik bahas soal Kepenulisan Passion Kepemudaan? Yuk invite 76B4BF69/085363949899 dan juga  follow @rezky_rf9

Kamu merasakan manfaat dari tulisan ini? Tulis comment dan klik tombol share di bagian kiri

0 thoughts on “99% Dari Kamu Pasti Bisa Menulis 7 Tulisan Ini! (Hari ke 14 #30DWC)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *