Tutorial 30 Days Writing Challenge

Ready for 30DWC

“Awalnya memang tidak bisa, kemudian terpaksa, mulai bisa, lalu terbiasa, hingga menjadi kebiasaan.”

Sebuah fase yang unik untuk membangun sebuah kebiasaan. Memang, membangun kebiasaan terkesan tidak asik karena terkesan membosankan. Tapi itu hanya di awalnya saja. Cobalah lihat tujuan akhirnya, indah kan? Tapi bagaimana jika dalam membangun kebiasaan dimulai dengan cara yang menarik dan diakhiri dengan tujuan yang bisa kamu desain sendiri? Lebih menarik bukan?

Apa itu #30DWC?

#30DWC adalah singkatan dari 30 Days Writing Challenge. Sebuah social campaign untuk membangun kebiasaan menulis yang kreatif dan aplikatif oleh Passion Writing Academy.

Mengapa harus ikut #30DWC?

Semua hal besar di mulai dari hal kecil. Termasuk dalam membangun kebiasaan, dimulai dari hal terkecil. #30DWC menjadi solusi untuk membangun kebiasaan menulis dengan cara yang kreatif dan aplikatif.

Bagaimana caranya mengikuti #30DWC?

  1. Pasang niat yang kuat bahwa kamu akan melakukan #30DWC. Lalu post di social media yang kamu miliki (Facebook, Twitter, IG dan lainnya) fotomu dengan kertas yang bertuliskan : I am ready for #30DWC!

 Peserta 30DWC

Kenapa harus post di social media?

#30DWC adalah social campaign. Tujuannya agar lebih banyak masyarakat tahu dan bergerak untuk #30DWC sehingga kebiasaan menulis terbentuk dari sekarang.

 

  1. Bebaskan imajinasimu untuk menulis apapun. Pasang target minimal 1 halaman 1 hari. Sehingga selama 30 hari akan menghasilkan minimal 30 halaman

 

Kenapa harus bebaskan imajinasi?

Tujuan dari #30DWC bukanlah sebuah buku. Melainkan sebuah pondasi dasar dari menulis, yaitu kebiasaan. Maka tulislah apapun. Apakah renungan, review film, puisi atau apapun itu. Yang terpenting adalah tulisan yang bermakna. Bukan curhat tanpa arah. Jika beralasan tidak bisa karena sibuk kerja, ujian, organisasi dan lain sebagainya, ini hanya soal manajemen waktu. Percayalah ini akan berjalan mudah jika punya niat yang kuat.

 

  1. Tuliskan rencana 30 judul yang akan kamu tulis. Ini akan sangat membantu. Terlebih lagi jika kamu mendapatkan ide tiba-tiba. Nah tulislah ide tersebut dalam kertas judul.

 

Kenapa harus mulai dari judul?

Ide datangnya tiba-tiba. Maka tulislah apapun judul yang kamu dapatkan di sebuah kertas lalu setiap hari kembangakan menjadi satu tulisan. Setelah ditulis, coretlah judul tersebut. Akan ada sensasi luar biasa ketika kamu mampu mencoret daftar tersebut.

 

  1. Mulailah membuat blog pribadi. Bisa wordpress, blogspot ataupun tumblr. Posting karya #30DWC di blog tersebut

 

Kenapa harus buat blog pribadi?

Tidak harus blog. Kamu juga boleh menulis di note facebook ataupun instagram. Tujuannya adalah agar mampu menjadi arsip pribadi bagi tulisanmu. Pastikan tersusun rapi ya.  Sehingga setelah 30 hari sudah ada minimal 30 tulisan baru. Iyei!

 

  1. Share link tulisannya ke social media yang kamu punya.

 

Kenapa harus di share blognya?

Ini bertujuan agar banyak yang mengunjungi blog yang sedang kamu tulis serta mendapatkan penilaian dari mereka. Sehingga  kualitas tulisan kamu dapat ditingkatkan. Mengenai blog, sudah pernah saya publish di Youtube Tutorial Video Passion Writing 2 : Optimasi Blog. Silahkan ditonton.

 

  1. Setiap beberapa share link tulisan yang kamu lakukan, buat #30DWC (pilih salah satu saja)

 

Kenapa harus menggunakan #30DWC?

Agar saya mampu memantau perkembangan dari #30DWC. Termasuk apabila ada hambatan, kamu dapat berdiskusi dengan saya. Selain itu, orang lain juga akan penasaran dengan #30DWC dan memulai untuk menulis. Semakin banyak yang tahu, semakin baik tulisanmu. Percayalah dan nikmati proses.

 

  1. Bagi kamu yang konsisten selama 30 hari, akan saya pilih tulisan terbaik untuk diterbitkan di buku ke-6 saya sekaligus buku pertama edisi Passion Writing dengan Tema : Kumulai Karyaku Dengan Diari Harian *

 

Kenapa dijadikan buku?

Sebagai apresiasi atas apa yang telah kita perjuangkan bersama. Juga sebagai bukti bahwa dengan menulis Diari Digital Harian bisa menjadi kebiasaan dalam menulis

*Untuk poin 7 akan dipertimbangkan kembali dan digabungkan dengan #30DWC jilid 1 lalu.

Bagaimana tertarik kan? Jika kamu benar-benar serius menulis, tidak ada alasan bagi kamu untuk menolak #30DWC ini. Jika ini berhasil kita akan buat ini berperiode setiap waktunya. Menulis untuk kehidupan dan Indonesia yang lebih baik.

*NB : #30DWC jilid 2 akan saya mulai tanggal 15 Februari. Segera amankan namamu di grup online whatsapp dengan format Nama – Domisili – Aktivitas – Alasan ikut #30DWC lalu kirim ke whatsapp 085363949899

 

Keep Writing, Always Inspiring!

 

 

0 thoughts on “Tutorial 30 Days Writing Challenge

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *