4 Inner Power Passion Writer

Launching Kongkow Nulis

Karena setiap hari adalah hari baru maka seharusnya dalam hidup kita selalu masuk inspirasi baru. Dan di hari-hari weekend sebenarnya adalah kesempatan besar bagi anak muda untuk menyempatkan belajar hal baru dan mencari inspirasi baru

Kemarin, Alhamdulillah komunitas Kongkow Nulis berhasil dilaunching. Komunitas ini diprakarsai oleh sahabat saya Melati Octavia dan Hairil Habibi yang peduli akan literasi terutama membaca dan peduli terutama di Riau. Bayangin aja, sama Riau aja peduli, apalagi sama pasanganya nanti. Gak tau deh sekarang masih jomblo apa gak. Kepoin aja blog mereka di disini dan  disitu

Belum lama pulang dari perantauan, tawaran pun menghampiri. Tiba-tiba aja salah satu dari mereka, mengajak untuk mengisi acara launching di Gramedia Pekanbaru. Ya secara tak langsung ini juga tawaran untuk menjadi anggota disini. Okee, strategi anda luar biasa saudara-saudari*angkattopi. Minggu kemarin, saya belajar banyak hal baru. Dan yang ingin saya bagi-bagi disini adalah 4 syarat utama jadi penulis pemula oleh sahabat saya Kamal Augusta. Ya umur gak jauh beda. Tapi karyanya juga luar biasa. Spesialisasi kami berbeda memang. Ketika saya lebih menyukai non fiksi, dia lebih ke fiksi. Nah mari mulai yang dalam bahasa sayanya 4 Inner Power Passion Wriiter. Let’s start reading :

  1. Peka

Siapa bilang peka itu hanya soal perasaan mengerti pasangan? Peka ini adalah modal wajib bagi penulis. Bagaimana tidak. Penulis tentu harus produktif dalam menyampaikan inspirasi, ide, dan gagasan. Nah, peka terhadap situasi yang terjadi sangat membantu untuk menyampaikan hal tersebut. Contoh seperti ini. Ketika dalam satu situasi kita berada dalam keramaian, mungkin bagi sebagian orang itu hanyalah keramaian biasa ataupun orang yang lalu lalang. Tapi bagi seorang penulis yang kalau bahasa keren dari sayanya Passion Writer, itu menjadi inspirasi. Misalkan ada banyaknya keragaman kebiasan orang dalam satu waktu. Atau melihat kegiatan tersembunyi. Atau mendengar hal yang unik. Atau berbagai macam hal lainnya.

  1. Rajin

Ketika yang pacaran rajin dengan menghubungi pasangan, antarin makanan atau sok sok ingatin sholat, bagi Passion Writer rajin yang paling utama adalah rajin membaca dan rajin menulis. Nah, kenapa membaca? Bagaimana tidak? Menulis berarti menuangkan apa yang ada dalam pikiran kita. Bayangkan saja kalau pikiran kita kosong, apa yang mau dituangkan? Atau bahkan yang lebih bahaya jika isinya keruh maka keruhlah yang akan tersampaikan. Membaca adalah solusi utamanya. Membaca buku itu penting. Tapi bukan hanya membaca buku. Bisa juga membaca artikel, koran, lingkungan, atau bahkan perasaan*cieeeeee.

  1. Fokus

Ide memang bertebaran dimana-mana. Apalagi jika kamu peka. Nah saking banyaknya ide, kita seringkali gagal fokus. Jika bagi yang baru putus pacar hambatan utamanya GALON alias gagal move on, bagi Passion Writer tantangannya adalah gagal fokus. So apa yang harus dilakukan? Ya fokus. Itu aja. Hehe. Maksudnya selesaikan apa yang sudah dimulai. Misalkan, yang ada dalam pikiran adalah menulis tentang tips memutuskan pacar yang elegan, ya tulislah hal itu sampai selesai. Walaupun ada ide baru tentang bagaimana caranya move on, itu selesaikan belakangan. Selesaikan satu persatu.

  1. Sabar

Memangnya menunggu penantian jawaban dari gebetan aja yang butuh sabar? Jelas banget gak. Kita mesti sabar ketika musibah datang. Kita butuh sabar dalam menunggu doa yang terkabulkan. Dan bagi Passion Writer, butuh sabar menunggu jawaban dari penerbit. Karena ketika kamu mengirim naskah ke penerbit major (bukan penerbit indie) maka jawabannya untuk naskah diterima saja bisa 3 bulan lebih. Belum lagi proses editing dan penerbitan. So sembari menunggu jawaban dari penerbit tetaplah lanjutkan menulis karya yang baru. Tapi kalau kamu mau yang lebih cepat, bisa menggunakan penerbit indie. Tentang ini akan saya bahas di lain waktu aja deh ya :)

Yap, itulah 4 Inner Power Passion Writer. Selamat berpraktek dan memulai berkarya dalam menulis. Ohya, bagi kamu yang mau join bersama kami di Kongkow Nulis bisa buka websitenya disini. Buka aja dulu, mana tau jodoh.

Keep writing, always inspiring!

Rezky Firmansyah

Founder Passion Writing

Penulis buku tersebar di 5 benua

Mau diskusi asik bahas soal Kepenulisan Passion Kepemudaan? Dengan senang hati saya membuka kesempatan. Silahkan invite 76B4BF69/085363949899 dan juga  follow @rezky_rf9

Kamu merasakan manfaat dari tulisan ini? Klik tombol share di bagian kiri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *