Usahanya Udah? Doanya Udah? Syukurnya?

Keajaiban Syukur - Rezky Firmansyah

Hari ini jadi masa puncak bagi calon mahasiswa baru untuk fighting di SBMTPN. Ada yang ikutan bimbel karena berbagai janji manis ataupun belajar dengan teman-teman. Ada yang ibadahnya makin kencang dan juga minta restu sama orang tua. Dan bagi kamu yang sedang mengikuti SBMPTN saya doakan mendapatkan tempat yang terbaik. Aamiin

Hal ini menarik untuk dibahas. Bukan karena pernah berada di masa itu. Tapi karena saya pernah melakukan suatu hal yang unik dan karena izin Allah mereka lulus di kampus yang mereka impikan. Meraih Quantum Leap. Mau tau apa yang mereka lakukan?

Usaha udah

Doa juga udah

Syukurnya udah?

Apa kaitannya syukur dengan lulus SBMPTN?

Loh, jangan anggap remeh. Karena dengan cara ini banyak keajaiaban terjadi. Mulai dari rezeki yang makin berkah berlimpah, impian semakin mudah tercapai dan bahkan yang gagal move on berhasil move on. Hihihi

Sebelumnya, saya mulai dengan janji-Nya yang tak pernah berdusta :

“Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan; “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (ni’mat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (ni’mat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih” (QS Ibrahim : 7)

Itu dia janji dari Allah tentang kejaiban dari bersyukur. Banyak sih yang ragu. Tapi sungguh beruntung bagi mereka yang yakin akan janji Tuhan-Nya.

Hmmm, okay tapi caranya gimana?

“Menuliskan Rasa Syukur”

Maksudnya?

Iya tuliskan rasa syukurmu yang berkaitan dengan kegagalan dan perjuangan selama ini dalam menjalani rangakain ujian. Misakan :

  1. Ya Allah terima kasih karena dengan kegagalan aku di SNMPTN membuatku belajar lebih giat kali ini
  2. Ya Allah terimakasih karena dengan kegagalan aku di SNMPTN membuat doaku semakin meningkat
  3. Ya Allah terima kasih karena aku belajar untuk lebih teliti dalam memilih jurusan
  4. Ya Allah terima kasih karena aku belajar bahwa nilai saja tidak cukup untuk mencapai universitas yang diimpikan
  5. Dst

Ya coba kamu tuliskan seperti halnnya diatas sesuai dengan kondisi yang kamu rasakan. Karena setiap orang pasti merasakan hal yang berbeda dalam perjuangannya. Tuliskan minimal 10. Paksa untuk mencari 10 hal yang kamu syukuri. Sungguh bakhil hati ini jika hanya mencari 10 nikmat yang patut disyukuri dari Allah saja tidak bisa

“Ehh, tapi ini beneran nyata gak sih?”

Saya gak menjanjikan kalau kamu bakal lulus di tempat yang kamu impikan. Karena ada berbagai faktor pastinya. Gak mungkin juga kamu usahanya gak maksimal, doanya gak optimal, modal ini aja bisa lulus. Tapi saya punya buktinya :

Berikut kutipan artikel saya beberapa bulan lalu

– – – – – – – – – – – –

Bandung, 3 Juni 2014

Saya datang ke kos Marshal yang sedang bimbel untuk SBMPTN di Bandung. FYI, Marshal ini generasi 14 dari SMAN Plus Propinsi Riau. Saya sendiri generasi 12. Dan singkatnya, saya pun sharing pengalaman dan inspirasi mengenai SYUKUR dan bagaimana mendapatkan “Hasil Terbaik” di SBMPTN besok.

Jadi cara pertama, cari alasan terkuat kenapa kalian ingin kuliah disana? Cari alasan yang berdampak bagi banyak orang. Karena jika kalian punya visi yang bermanfaat untuk banyak orang, maka yakinlah Allah akan membantu kalian. Layaknya Ahmad Dahlan dan Hasyim Ansari dibantu Allah untuk mewujudkan Muhammadiyah dan Hasyim Ansari.

Cara kedua, tuliskan rasa syukur kalian atas kegagalan di SNMPTN kemaren. FYI lagi bagi yang gak pernah ikutan. SNMPTN ini kita cuma ngasi nilai rapor pas SMA untuk seleksi. Nah, kalo SBMPTN mereka mesti tes tertulis. Jadi mereka yang masih di Bandung ini adalah mereka yang ditunda kesuksesannya oleh Yang Maha Tahu.

Cara menulisnya harus kayak gini :

  1. Ya Allah terimakasih, . . . . . . .
  2. Ya Allah terimakasih, . . . . . . .

Tuliskanlah apa yang disyukuri. Minimal harus 10. Ya itu minimal. Dan sebagian dari mereka menulis lebih dari 10.

Cara ketiga, cara Quantum Leap. Misalkan visualisasi logo universitas dan foto pribadi, amalan tambahan, doa orang tua dan sebagainya.

16 Juli 2014

Hari ini adalah hari yang dinanti-nanti bagi sebagian besar siswa-siswa kelas XII. Layaknya menunggu jawaban dari gebetan begitu pula perasaan hari ini. Menunggu hasil dari perjuangan selama 1 tahun belakangan untuk menjawab pertanyaan “Kuliah dimana?”

Mari flashback kembali hasil dari Marshal yang kuliah di Bandung. Inilah hasil mereka :

  • Mikael Adlan Husni : Hukum UI
  • Khalil Gibran : Arsitektur UI
  • Aditio Pangestu : STEI ITB
  • Vebryan Rhamadana : SAPPK ITB
  • Deon Pradana : Kedokteran UR
  • Wynni Permata Sari : Manajemen Unair
  • Disa Novelin : Kedokteran UNSRI

Wow powerful!! Semuanya lulus! Semuanya yang menuliskan daftar syukur dari kesuksesan tertunda mereka lulus!! Alhamdulillah dengan izin Allah :)

– – – – – – – – – – – –

Ya teori yang sederhana. Bersyukurlah maka anda akan berlimpah. Jika sulit bersyukur ya hidupnya segitu gitu aja. Datar dan membosankan.

Ohya, cara ini bisa dilakukan oleh siapapun. Ya oleh siapapun. Apakah tua atau muda, kaya atau miskin, perempuan atau laki-laki, Muslim ataupun non Muslim. Semuanya bisa.  Anda hanya perlu praktek dan meyakini. Yakin 100%. Ya itu aja. Sesimpel itu.

Mau percaya atau tidak itu urusan masing-masing. Yang jelas saya sudah praktek dan terjadi. Teman-teman saya sudah praktek dan terjadi. Kini giliran anda. Apapun masalah anda, inilah solusinya. Entah itu sakit yang berkepanjangan, hutang yang berlipat ganda dan lain sebagainya.  Keep calm and believe :)

Yakini, Syukuri, Jalani

Keep writing, always inspiring!

– – – – – – – – – – – – – – –

Saya sangat senang bisa terus belajar dan berbagi. Mari menjalin silaturahmi dengan berbagi melalui whatsapp 085363949899 atau BBM 76B4BF69. Kamu juga bisa follow saya di @rezky_rf9

-Rezky Firmansyah-

 

2 thoughts on “Usahanya Udah? Doanya Udah? Syukurnya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *